Tempat Yang Wajib Dikunjungi Kalau Berlibur ke Labuan Bajo

Belakangan wisata Labuan Bajo ramai dibicarakan orang karena keindahannya yang luar biasa. Labuan Bajo sendiri merupakan sebuah kota kecil yang kebanyakan dihuni oleh nelayan yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Meskipun wilayahnya termasuk kecil, kota ini merupakan pusat pemerintahan ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Selain itu, Labuan Bajo juga terkenal sebagai pusat perdagangan, pendidikan dan pariwisata. Di sini, kamu akan menemukan banyak tempat wisata menarik yang akan membuat liburan kamu sangat berkesan seumur hidup. Jadi tidak heran jika Labuan Bajo menjadi pusat pariwisata teramai di Flores.

Buat kamu yang berniat menikmati liburan di kawasan wisata ini, berikut ini beberapa tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya yang paling favorit dan sering dikunjungi karena menawarkan pesona wisata yang luar biasa seru :

  1. Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan tempat wisata Labuan Baju paling terkenal karena memiliki daya tarik besar. Namanya pun telah mendunia, sehingga tidak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi wisata terfavorit bagi wisatawan lokal dan dunia. Seperti juga namanya, di pulau ini kamu bisa melihat dari jarak dekat kehidupan liar hewan peninggalan purbakala raksasa bernama Komodo.

Biasanya komodo akan lebih mudah ditemui diluar musim kawin. Musim kawin komodo puncaknya adalah pada bulan Juli-Agustus, di mana pada musim kawin ini biasanya akan cenderung menghilang untuk kawin. Fakta bahwa komodo hidup secara liar juga mempersulit wisatawan untuk bertemu hewan purba yang satu ini. Menurut salah seorang petugas yang biasa menemani para wisatawan untuk menjelajah pulau,  populasi Komodo saat ini terdiri dari 1.337 ekor di Pulau Komodo, 1473 ekor di Pulau Rinca, 4 ekor di Pulau Padar, 90 ekor di Pulau Gilimotang, dan 80 ekor di Pulau Nusakode. Selain komodo  terdapat juga kakatua kecil jambul kuning sebagai hewan yang diawasi ketat dikarenakan jumlah populasinya yang semakin sedikit.

komodo

Selain berkesempatan menyaksikan kehidupan Komodo, kamu pun akan diajak untuk berwisata alam yang menyehatkan dengan melakukan trekking menyusuri hutan sekaligus mendaki bukit. Tenang saja, rute trekking bisa kamu pilih sesuai dengan kesanggupan masing-masing wisatawan, mulai dari short track, medium track dan long track. Hutan Pulau Komodo merupakan hutan yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan asam, lontar, bidara, gebang dan lain-lain.

2. Pulau Rinca

Selain Pulau Komodo, terdapat pulau lain yang akan memberikan kamu pengalaman seru melihat kehidupan liar komodo. Pulau itu bernama Pulau Rinca. Di pulau ini pun, terdapat 3 pilihan trek yang bisa kamu pilih, yaitu short, medium dan long track. Jika dibandingkan dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca memiliki medan dan jalur track yang lebih menantang dan trekking yang lebih panjang. Selain itu, di kawasan pulau ini lebih didominasi oleh padang savana yang eksotis, sedangkan Pulau Komodo lebih didominasi oleh hutan.

3121934513_b227da4e3d

3. Pulau Padar

Pulau Padar berjarak tidak jauh dari Pulau Rinca. Keduanya dipisahkan oeh Selat Lintah. Di pulau ini terdapat sebuah bukit yang dari ketinggian tersebut kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar pulau yang maha indah dengan birunya air laut yang memukau mata. Selain itu, di sini merupakan spot terbaik untuk menikmati indahnya sunset dan juga sunrise. Nama Pulau Padar terkenal sejak tahun 2014. Mulai saat itu, banyak wisatawan berdatangan. Selain untuk menikmati eksotismenya Pulau Padar, beberapa diantara mereka khusus memilih bukit di Pulau Padar sebagai background foto pre-wedding. Hasilnya? Tentu saja keren dan instagramable!

pulau-padar

4. Pulau Kalong

Ada beberapa tempat wisata Labuan Bajo yang menyajikan pemandangan alam sangat memukau, terlebih saat matahari terbenam atau sunset. Pulau Kalong adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika kamu ingin mendapatkan spot terbaik berburu sunset. Namanya juga Pulau Kalong, maka di pulau ini merupakan tempat tinggal bagi banyak kelelawar atau disebut juga dengan kalong.

Pulau Kalong berjarak sekitar 8 Km dari Pelabuhan Labuan Bajo dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati eksotisme pulau ini, datanglah pada pukul 6 Waktu Indonesia Timur (WIT). Waktu tersebut merupakan momen terbaik untuk menyibak segala pesona Pulau Kalong, yaitu sunset dan ribuan kelelawar yang menghiasi langit.

5. Pulau Kelor

Selain beberapa pulau yang telah disebutkan di atas, Pulau Kelor juga merupakan salah satu pulau terfavorit untuk dikunjungi di kawasan wisata Labuan Bajo. Pulau ini menawarkan pesona karang dan koral yang sangat menggoda. Seperti juga Pulau Padar, di pulau ini juga terdapat sebuah bukit yang merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan laut dan pulau di sekitarnya. Meskipun tinggi bukit di pulau ini tidak setinggi bukit di Pulau Padar, bukit Pulau Kelor tetang menyajikan pesona wisata yang menawan. Recommended juga buat kamu yang sedang mencari lokasi untuk foto pre-wedding.

6. Pulau Kambing

Wisata Labuan Bajo memang didominasi oleh pulau-pulau kecil yang cantik. Pulau Kambing merupakan salah satunya. Meskipun wilayahnya termasuk sangat kecil, tapi tetap memiliki pesona dan keistimewaan. Untuk kamu yang gemar olahraga air, Pulau Kambing merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena di sini merupakan surganya wisatawan yang ingin memuaskan hobi mereka akan bersnorkeling ria. Selain itu, kamu pun bisa berenang di laut ataupun hanya sekedar bermalas-malasan di pinggir pantai menikmati liburan.

Namanya memang Pulau Kambing. Tapi bukan berarti seperti Pulau Kalong yang di dalamnya terdapat ribuan kalong, tidak! Di Pulau Kambing tidak terdapat kambing sama sekali. Sebaliknya, pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang fantastis dan sayang jika dilewatkan.

7. Gua Batu Cermin

Tempat wisata Labuan Bajo bernama Guna Batu Cermin masih berada di dalam kota, sehingga gampang untuk mengaksesnya. Kamu bisa menjangkau tempat wisata ini dengan sepeda, motor dan mobil. Apa yang menarik di sini? Seperti juga namanya, Gua Batu Cermin merupakan sebuah gua dengan suguhan pemandangan berupa stalaktit dan stalagmit yang bisa kamu temukan di banyak lorong dengan panjang tiap lorong mencapai 200 meter.

Selain kedua daya tarik tersebut, di Gua Batu Cermin kamu juga akan disuguhi pemandangan eksotis dari sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang, kemudian memantul di dinding batu. Seolah pantulan tersebut merefleksikan cahaya kecil ke area lain di dalam gua layaknya cermin. Itulah sebabnya gua ini dinamakan Gua Batu Cermin.

Dari gua inilah sebuah fakta kemudian terungkap bahwa Flores dulunya terletak di bawah laut, karena dari sejumlah bagian gua terdapat fosil hewan laut seperti karang, ikan dan penyu yang menempel. Setelah diteliti oleh seorang arkeolog yang sekaligus merupakan seorang pastur berkebangsaan Belanda, ternyata memang benar jika Gua Batu Cermin pernah berada di dasar laut selama ribuan tahun yang lalu.

8. Bukit Cinta

Dari namanya saja sudah menggoda. Bukit Cinta merupakan salah satu tempat wisata Labuan Bajo yang masih berada di lingkup daerah kota. Jadi jelas jika aksesnya mudah. Baik motor, sepeda maupun mobil, semua kendaraan bisa digunakan sebagai alat transportasi menuju tempat wisata ini. Jaraknya pun benar-benar dekat dari kota, yakni Cuma butuh 5 menit untuk sampai ke Bukit Cinta ini.

Bukit Cinta merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di sekitar kota Labuan Bajo, pasalnya di sinilah salah satu spot terbaik untuk mendapatkan momen sunset lengkap dengan pesona pemandangan alam berupa hamparan laut dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Spot sempurna pokoknya!

9. Wae Rebo

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang fantastis, di Labuan Bajo kamu juga bisa menemukan tempat wisata budaya bernama Wae Rebo. Memang tidak mudah untuk bisa mencapai kampong di atas langit yang sarat dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Manggarai Flores ini. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus melakukan trekking menanjak selama 3 jam lebih. Itu bisa kamu katakan sebagai perjuangan karena pada akhirnya jika kamu berhasil menaklukan trekking tersebut, di hadapan kamu akan terhampar pemandangan unik nan eksotis berupa rumah adat yang dikelilingi pemandangan alam seratus persen indah!

Demikianlah tempat-tempat yang wajib dikunjungi kalau kalian berlibur ke Labuan Bajo !

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑